Karina, Adis Nindia dan Faridi, Ahmad (2018) Hubungan Kebiasaan Jajan, Pola Makan, dan Pola Asuh Makan dengan Status Gizi Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kereo 1 Kota Tangerang Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.
Preview |
Text
FIKES_GIZI_ 1405025004_ ADIS NINDIA KARINA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Anak usia sekolah disebut juga periode intelektualitas, atau keserasian bersekolah, tumbuh kembang anak usia sekolah yang optimal antara lain dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas asupan zat gizi yang diberikan dalam makanannya. Permasalahan status gizi anak sekolah yaitu kegemukan dan kekurangan gizi. Berdasarkan data Riskesdas 2013, pada anak sekolah usia 5- 12 tahun menunjukkan sebanyak 11,2% mengalami kurus dan 18,8% kegemukan serta Obesitas. Provinsi banten termasuk salah satu provinsi dengan prevalensi anak sekolah kurus dan sangat gemuk berada di atas prevalensi nasional tertinggi di Kota Tangerang (29,4%). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan kebiasaan jajan, pola makan dan pola asuh makan dengan status gizi pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Kereo 1 Kota Tangerang. Metode penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel adalah siswa kelas 5 dan kelas 6 sebanyak 69 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Analisis dilakukan dengan metode analisis univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji Fisher Exact. Hasil Penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara Kebiasaan Jajan (p-value=0.704) dan Pola Makan (p-value=0.127) dengan Status Gizi di Sekolah Dasar Negeri Kereo 1. Adanya hubungan Pola Asuh Makan (p-value=0.012) dengan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kereo 1 Kota Tangerang Tahun 2018.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi |
Depositing User: | libfikes libfikes libfikes |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 04:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 04:50 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15742 |
Actions (login required)
View Item |