Perilaku Merokok Pada Perempuan dan Keinginannya Untuk Berhenti Merokok di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur

Pramudyo, Wahyu Eko dan Mardhiati, Retno dan Handayani, Sarah (2017) Perilaku Merokok Pada Perempuan dan Keinginannya Untuk Berhenti Merokok di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1205015138_WAHYU EKO PRAMUDYO.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1205015138_WAHYU EKO PRAMUDYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah perokok pada perempuan di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Yang menjadi faktor utama dalam peningkatan jumlah perokok pada perempuan ialah lingkungan pergaulan dan kurangnya pengawasan baik dari keluarga ataupun orang orang yang berada disekitar perokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keinginan berhenti merokok pada perempuan di Kelurahan Pondok Ranji. Penelitian ini merupakan penelitin kualitatif daskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang di ambil adalah data primer, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, analisis yang digunakan pada penelitan ini adalah narasi deskriptif, informan yang menjadi narasumber berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyebab informan merokok karena pengaruh dari lingkungan pergaulan, mengikuti perkembangan zaman, membuat penampilan jadi lebih menarik. Informan menganggap rokok dapat menghilangkan stress, menghilangkan rasa bosan, informan juga menjawab jika merokok dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Keinginan dan motivasi informan untuk berhenti merokok terbilang kecil karena kurangnya dukungan dari pihak keluarga, kurangnya informasi mendalam tentang bahaya merokok dan besarnya pengaruh dari luar yang menyebabkan informan gagal berhenti merokok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:22
Last Modified: 06 Jul 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item