Penerapan Penilaian Autentik Serta Teknik Dan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur

Pamir, Pamir dan Sya'ban, Ali dan Fadiarman, Fadiarman (2019) Penerapan Penilaian Autentik Serta Teknik Dan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095045_PAMIR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095045_PAMIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran geografi sesuai standar penilaian di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. (2).Teknik dan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran geografi sesuai standar penilaian serta kendala guru ketika menerapkan teknik dan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran geografi di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian populasi adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket, wawancara, dan analisis dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah statistik-deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Guru geografi di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur 98% temasuk kedalam kategori sangat baik, kemudian untuk kategori setiap aspek seperti aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, analisis dan pelaporan, serta teknik dan instrumen pengetahuan masuk kedalam kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek teknik dan instrumen penilaian sikap masuk kedalam kategori kurang. Pada aspek teknik dan instrumen penilaian keterampilanmasuk kedalam kategori baik. (2) Teknik dan instrumen penilaian autentik pada penilaian keterampilan dan pengetahuan guru sudah menerapkannya dengan baik menggunakan teknik dan instrumen bervariasi, sedangkan untuk aspek teknik dan instrumen penilaian sikap guru belum menerapkan teknik penilaian yang bervariasi dan mengacu pada standar penilaian, kendala guru geografi di SMA&MA Negeri se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur dalam menerapkan penilaian autentik dalam pembelajarannya adalah jumlah siswa terlalu banyak tidak bisa mengawasi satu persatu, banyak variabel yang harus dibuat di setiap instrumen penilaian, terkendala dengan waktu dan terbentur dengan penilaian tugas lain serta pemilihan teknik yang pas untuk menilai keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QE Geology
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 08:41
Last Modified: 02 Jul 2022 08:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item