Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMk Al Wahyu Cibubur

Fateka, Umi dan Liza, Fitri (2017) Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMk Al Wahyu Cibubur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015054_ UMI FATEKA.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015054_ UMI FATEKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Dilaksanakan Di SMK Al Wahyu Cibubur. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kuatitatif. Jenis Penelitian Ini Menggunakan Metode Ekperimen. Sampel Penelitian Berjumlah 33 Siswa Pada Kelas X MM Untuk Kelas Eksperimen, Dan Juga Berjumlah 33 Siswa X AP Pada Kelas Kontrol. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Metode Inkuiri Yang Diterapkan Pada Kelas Eksperimen Dapat Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Secara Signifikan Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Rata-Rata Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Metode Inkuiri. Hal Ini Terbukti Dari Deskripsi Data Pretest, Ketika Belum Diterapkannya Metode Inkuiri Dikelas Eksperimen Mendapatkan Hasil Mean Kelas X=47,2 Dan Kelas Kontrol X=48,3. Namun Setelah Diberikan Perlakuan X Posttest Kelas Eksperimen Mencapai X=75,3 Dan Kelas Kontrol X=70,5. Sedangkan Hasil Analisis Data Menggunakan Statistic Uji-T Diperoleh Thitung = 5,39 Dan Ttabel = 0,05 (1,69). Sehingga Thitung (5,39 > 1,69). Dengan Demikian Dapat Dikatakan Bahwa Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Pada Pembelajaran Menggunakan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Al- Wahyu Cibubur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:18
Last Modified: 02 Jul 2022 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item