Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Sentral Pada Ibu Rumah Tangga Di Perumahan Griya Labuan Asri Desa Sukamaju Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Tahun 2016

Rahayu, Widyaningrum Hidayati dan Faridi, Ahmad dan Rahayu, Leni Sri (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Sentral Pada Ibu Rumah Tangga Di Perumahan Griya Labuan Asri Desa Sukamaju Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025088_WIDYANINGRUM HIDAYATI RAHAYU.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025088_WIDYANINGRUM HIDAYATI RAHAYU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Obesitas sentral merupakan masalah kesehatan dan gizi yang terjadi di berbagai kalangan baik di Negara berkembang maupun Negara maju. Obesitas sentral merupakan salah satu penyebab dari terjadinya berbagai penyakit degeratif yang kejadiannya dipengaruhi oleh berbagai faktor risiko, yang ditandai dengan lingkar perut >80 cm untuk perempuan dan >90 cm untuk laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan obesitas sentral pada ibu rumah tangga di Perumahan Griya Labuan Asri Desa Sukamaju Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang.
Desain studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini ialah 67 ibu rumah tangga yang diperoleh secara systematic random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ialah data pengukuran lingkar perut, karakteristik ibu rumah tangga, pengetahuan, aktivitas fisik, asupan (energi, karbohidrat, protein, lemak, dan serat), dan frekuensi konsumsi minum minumam manis. Uji chi-square digunakan pada saat menganlisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi obesitas sentral pada ibu rumah tangga adalah 62,7%. Faktor-faktor yang berhubungan dengan obesitas sentral pada ibu rumah tangga adalah usia (p-value 0,021), tingkat pendapatan (p-value 0,044), riwayat obesitas keluarga (p-value 0,001), aktivitas fisik (p-value 0,039), asupan energi (p-value 0,005), asupan karbohidrat (p-value 0,000), asupan protein, (p-value 0,006), asupan lemak (p-value 0,000), dan asupan serat (p-value 0,007). Tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, jumlah keluarga, dan frekuensi konsumsi minum minuman manis diketahui tidak memiliki hubungan dengan obesitas sentral.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:43
Last Modified: 02 Jul 2022 03:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15654

Actions (login required)

View Item View Item