Kajian Kerusakan Tanah Akibat Penambangan Pasir Di Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung

Prayitno, Hendri dan Harsono, Tricahyono Nur dan Fadiarman, Fadiarman (2019) Kajian Kerusakan Tanah Akibat Penambangan Pasir Di Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1401115047_HENDRI PRAYITNO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1401115047_HENDRI PRAYITNO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesuburan tanah yang belum dan yang sudah digunakan untuk penambangan pasir, mengetahui volume dan horison tanah yang hilang akibat penambangan pasir di Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan tujuan deskriptif yang didasarkan pada analisis laboratorium dan pengukuran lapangan. Penentuan sampel tanah dilakukan dengan menggunakan metode area sampling berdasarkan jenis tanah. Berdasarkan peta tanah tijau jenis tanah di Desa Labuhan Ratu adalah aluvial. Dari jenis tanah ini diambil 2 sampel yaitu yang sudah digunakan untuk penambangan pasir dan yang belum digunakan untuk penambangan pasir. Hasil penelitian diketahui bahwa telah terjadi penurunan kesuburan tanah akibat penambangan pasir di Desa Labuhan Ratu. Dibuktikan dengan penurunan pH tanah dari 7,09 menjadi 5,12. Penurunan konsentrasi bahan organik tanah untuk tanah yang sudah digunakan sebagai tambang pasir 0,85% lebih rendah dibandingkan dengan tanah yang belum digunakan sebagai tambang pasir 1,12%. Penurunan kapasitas tukar kation dari 14,28 cmol/kg menjadi 5,66 cmol/kg. Kejenuhan basa 67,67% lebih rendah dibandingkan yang belum digunakan untuk penambangan pasir 100%. Telah terjadi kerusakan tanah akibat aktivitas penambangan pasir, dibuktikan dengan volume tanah yang hilang mencapai 529.034 m3 dan horison tanah yang hilang meliputi horison O, A, dan E. Kehilangan volume dan horison tanah merupakan bukti kerusakan tanah, karena tanah ini tidak akan kembali seperti semua dalam waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:11
Last Modified: 02 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item