Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Minat Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kramat Jati 01 Jakarta Timur

Nawawi, Muhammad Azhar dan Yamin, Yamin (2020) Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Minat Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kramat Jati 01 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025368_MUHAMMAD AZHAR NAWAWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025368_MUHAMMAD AZHAR NAWAWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap minat membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN kramat jati 01 pagi Jakarta timur semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan merumuskan hipotesis dengan menggunakan angket pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan adalah Probabily Sampling. Pada uji validitas dan Reliabilitas menggunakan Expert Judgement atau pendapat ahli dengan jumlah pernyataan angket pada pre-test dan post-test masing-masing 35 pernyataan. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Lhitung 0,111 > 0,171, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung 1,831 < 1,929 = Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 2,219 dengan ttabel 2,060 pada taraf signifikan a = 0,05. Maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada minat membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Kramat Jati 01 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:06
Last Modified: 01 Jul 2022 08:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item