Pembinaan Pendidikan Karakter Di Panti Asuhan (Penelitian Etnografi Di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang)

Suhariah, Suhariah dan Fathonah, Siti (2017) Pembinaan Pendidikan Karakter Di Panti Asuhan (Penelitian Etnografi Di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1307015052_SUHARIAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1307015052_SUHARIAH.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif, Dengan Metode Etnografi. Karena Yang Akan Diteliti Oleh Peneliti Merupakan Gejala Sosial Yang Terjadi Dan Budaya-Budaya Yang Ada Di Tempat Tersebut Sehingga Peneliti Dapat Mengatahui Semua Kegiatan Atau Proses Pembinaan Yang Ada Di Panti Secara Keseluruhan Mulai Dari Bangun Tidur Sampai Tidur Lagi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Melalui Observasi, Wawancara, Dan Studi Dokumentasi. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Pembinaan Pendidikan Karakter Dilakukan Secara Klasikal Dan Sistem Pondok Pesantren Dengan Metode Pembiasaan Dan Keteladanan, Adapun Nilai-Nilai Karakter Yang Diterapkan Di Panti Asuhan Ini Adalah: Religius, Disiplin, Tanggungjawab, Mandiri, Toleransi, Kreatif Dan Komunikatif. Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Ini Motivasi Anak Asuh Serta Fasilitas-Fasilitas Yang Lengkap Menjadi Faktor Pendukung Dalam Proses Pelaksanaan Pembinaan Karakter, Faktor Lain Juga Disebabkan Karena Sistem Yang Ada Di Panti Asuhan Salah Satunya Funishment Dan Reward . Adapun Dalam Proses Pembinaan Pendidikan Karakter Ini Mengalami Hambatan Yaitu Terbatasnya Waktu Dalam Pembinaan, Serta Lingkungan Luar Yang Tidak Bisa Dikondisikan. Dalam Proses Pembinaan Karakter Memiliki Dampak Positif Terhadap Anak Yaitu Anak Menjadi Lebih Disiplin Serta Mandiri Dan Tanggungjawab Dalam Menjalankan Kegiatannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:29
Last Modified: 01 Jul 2022 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15618

Actions (login required)

View Item View Item