Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi

Puteri, Navira Humairoh dan Jusra, Hella (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025354_NAVIRA HUMAIROH PUTERI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025354_NAVIRA HUMAIROH PUTERI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Open Ended lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan model pembelajaran Open Ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif jenis Quasy Experimental Design, dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi yang memiliki populasi sebanyak 64 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal uraian yang diberikan. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Angka Kasar dengan hasil 6 soal valid dan 1 soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach dengan hasil 0,611 > 0,60 yang artinya instrumen tersebut reliable. Dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors,dari kelas eksperimen diperoleh Lo = 0,1220 < Ltabel = 0,157 dan pada kelas kontrol diperoleh Lo = 0,1403 < Ltabel = 0,157, dapat disimpulkan bahwa data kelas eksperimen kontrol berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,08 < Ftabel = 1,82 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang artinya homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-tHitung diperoleh = 8,23 > Ftabel = 1,998 dengan a = 0,05 dan dk = 32, dapat disimpulkan bahwa h1 diterima yang artinya terdapat pengaruh terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:02
Last Modified: 01 Jul 2022 07:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item