Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa pada Kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi

Martian, Firsty dan Tri Wintolo Apoko, Tri (2020) Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa pada Kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025353_FIRSTY MARTIANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025353_FIRSTY MARTIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan menulis narasi dengan menggunakan pendekatan Whole Language pada siswa kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experimental Design yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa yang seluruhnya diteliti. Kelas eksperimen IVC 30 siswa dan kelas kontrol IVB 30 siswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Dari hasil perhitungan uji normalitas post-test menggunakan liliefors pada kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0, 119, LTabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0.153, Ltabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 0,19 dan Ftabel = 1,86 pada a = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) pembilang = 29 dan derajat kebebasan (dk) penyebut = 29. Sehingga didapat Fhitung = 0,19 < Ftabel (0,05) = 1,86 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel kelas IV adalah homogen. Dalam menguji hipotesis yang telah dirumuskan, maka dilakukan perhitungan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung = 8,16 sedangkan Tabel = 2,002 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58. Dengan demikian Thitung > Ttabel yang menyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa “Terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada kelas IV SDN Pekayon 05”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:53
Last Modified: 01 Jul 2022 06:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item