Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kelas III SDN Mekarjaya 19 Depok

Setiawati, Dewi dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kelas III SDN Mekarjaya 19 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025350_DEWI SETIAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025350_DEWI SETIAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa pada materi pelajaran matematika kelas III ditemukan bahwa masih banyak siswa yang tidak dapat mengerjakan soal dengan benar. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis jawaban siswa yang dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: letak kesalahannya, jenis kesalahannya, dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa tersebut dalam menjawab soal matematika materi kelas III di SDN Mekarjaya 19 Depok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2020 dengan digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal matematika dan berdasarkan wawancara yang dilakukan via google form bersama guru,siswa dan kepala sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Untuk teknik pengujian keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari 21 siswa yang mengerjakan soal MEMBARATIKA, kesalahan terbanyak terletak di soal no 6 materi pecahan sederhana dengan jumlah sebanyak 16 siswa menjawab salah. Jenis kesalahan terdapat pada Kesalahan konsep yaitu kesalahan dalam memahami materi yang diberikan terkait dengan materi soal, Letak kesalahanya dalam memahami soal yang diberikan mengakibatkan banyak kesalahan dalam penggunaan rumus dan simbol matematika, hal diperkuat dengan hasil wawancara melalui google form yang diberikan ternyata terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya karena materi pecahan belum tuntas diajarkan oleh guru disekolah, siswa belajar dirumah di dampingi oleh orang tua yang sudah lupa akan materi pelajaran tersebut sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan soal yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:31
Last Modified: 01 Jul 2022 06:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item View Item