Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Kelas XI Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan.

Muntazzah, Afwah dan Fuad, Ai Fatimah Nur (2018) Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Kelas XI Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1407015005 _ AFWAH MUNTAZZAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1407015005 _ AFWAH MUNTAZZAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh metode Muroja’ah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak tiga kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI Mia. Dan samplenya adalah kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang telah dilakukan uji validitas dan uji realiabilitas serta uji prasyarat analisis. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis, menggunakan analisis independent sample t test. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan Sig (2 tailed) sebesar 0,000<dari 0.05. Maka diartikan terdapat perbedaan hasil belajar pada data pretest dan posttest yang artinya bahwa metode Muroja’ah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dan diperoleh nilai t hitung sebesar 4.935 mengartikan lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2.007 (4.935>2.007). Berdasarkan perhitungan analisis di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Muroja’ah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al Qur’an Hadist kelas XI di Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:58
Last Modified: 30 Jun 2022 04:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item