Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK. Islam Salman Al-Farisi Jatimulya Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi Tahun 2016

Alifiana, Revina dan Rahayu, Leni Sri dan Prayitno, Nanang (2016) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK. Islam Salman Al-Farisi Jatimulya Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025064_REVINA ALIFIANA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025064_REVINA ALIFIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kekurangan gizi pada anak usia prasekolah disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya, sebagai penyebab langsung dan penyebab tidak langsung. Gizi kurang secara langsung disebabkan oleh asupan gizi dan penyakit infeksi. Penyebab tidak langsung yaitu umur ibu, pendidikan ibu, pengetahuan gizi ibu, pekerjaan, sikap, pola asuh, dan pendapatan keluarga yang mempengaruhi ketersediaan pangan dan pelayanan kesehatan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak usia prasekolah (4-6 tahun). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Dimana pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2016. Sebagai sampel penelitian adalah 87 anak usia prasekolah (4-6 tahun) dan ibu sebagai Responden di TK. Islam Salman Al-Farisi yang diambil dengan Random Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95%. Sebagian besar ibu tergolong umur dewasa awal (88.5%), memiliki tingkat pendidikan tinggi (71%), ibu tidak bekerja (81.6%), ibu berpengetahuan baik tentang gizi (79.3%) dan anak dengan kebiasaan makan baik (81.6%). Status gizi anak sebagian besar normal (59.8%). Dari hasil analisa bivariat diperoleh hasil p-value > 0.05 bahwa tidak ada hubungan antara umur ibu, pendidikan, pekerjaan, dan tingkat pengetahuan dengan status gizi anak usia prasekolah. Terdapat hubungan antara kebiasaan makan dengan status gizi anak usia prasekolah dengan p-value < 0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:48
Last Modified: 30 Jun 2022 04:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item