Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur

Makbullah, Mawardi dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025328_MAWARDI MAKBULLAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025328_MAWARDI MAKBULLAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS pada peserta didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment sebanyak 28 soal pernyataan dengan keseluruhan soal yang valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan Alfa Cronbach memperoleh Rhitung 0,726 > Rtabel = 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Pada uji hipotesis dengan membandingkan perolehan skor rata-rata kondisi akhir kelas eksperimen adalah 102,17 dan kelas kontrol 88,03, maka dengan demikian hipotesis diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:51
Last Modified: 30 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item View Item