Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi

Rismanto, Diky dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025317_DICKY RISMANTO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025317_DICKY RISMANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya penelitian eksperimen model pembelajaran problem based learning dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019 – 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa. Teknik eksperimen yang digunakan adalah teknik non equivalent control group design. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biseral sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 20 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,916 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Pre-Test L0 < Lt yaitu 0,885 < 0,886 dan Post-Test L0 < Lt yaitu 0,862 < 0,886, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,053 < 1,84, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung < ttabel yaitu -1102,041 < 2,042. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN Susukan 03 Pagi. Oleh karna itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN Susukan 03 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:46
Last Modified: 30 Jun 2022 03:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item