Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pembagian Pecahan Berdasarkan Kecerdasan Emosional di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur

Wijayanti, Nanik dan Nurafni, Nurafni (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pembagian Pecahan Berdasarkan Kecerdasan Emosional di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025312_NANIK WIJAYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025312_NANIK WIJAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemecahan masalah matematika materi pembagian pecahan siswa berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur pada semester II Tahun 2019-2020. Metode yang digunakan adalah Deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes angket kecerdasan emosional, tes soal pembagian pecahan, dan wawancara terhadap dua siswa di kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes angket kecerdasan emosional yang terdiri dari 40 pernyataan. Hasil tes angket dihitung berdasarkan skor yang diperoleh siswa dan dikategorikan menjadi dua, yaitu kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah. Setelah mendapatkan hasil skor tertinggi dan terendah, siswa diberi tes soal materi pembagian pecahan setelah itu di wawancara sesuai dengan tes soal pembagian pecahan yang sudah dikerjakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemecahan masalah yang digunakan siswa kelas V SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur dalam menyelesaikan soal materi pembagian pecahan, subjek KA mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana, tidak mampu melihat kembali hasil yang sudah KA kerjakan. Ketika ditanya hasilnya KA kesulitan saat menjelaskan prosesnya, namun kebalikannya dengan subjek AA, subjek AA mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana, mampu melihat kembali hasil yang sudah dikerjakan dan dapat menjelaskan dengan benar sesuai dengan langkahlangkah pemecahan masalah.Maka dapat disimpulkan bahwasannya tinggi atau rendahnya tingkat Kecerdasan Emosional anak tidak serta merta diikuti dengan kemampuan penyelesaian masalah yang baik dan benar yang meliputi langkah-langkah pemecahan masalah seperti : memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan melihat kembali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:41
Last Modified: 30 Jun 2022 03:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15557

Actions (login required)

View Item View Item