Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan)

Setiawan, Edy dan Muchlis, Sugiman (2017) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1307015013 _EDY SETIAWAN.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1307015013 _EDY SETIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Menggunakan Metode Kualitatif, Karena Ingin Mengetahui Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan). Tekhnik Pengumpulan Data Yaitu Triangulasi Dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Angket. Angket Disebar Kepada 75 Siswa Kelas XI SMA Cenderawsih 1 Jakarta Selatan. Hal Ini Dapat Dilihat Berdasarkan Hasil Angket Yaitu Bahwa Peranan Guru PAI Sebagai Motivator Sangat Penting Bagi Siswa Demi Meningkatan Akhlak Siswa Kelas XI Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan Sudah Sesuai. Guru PAI Sebagai Educator, Leader, Fasilitator, Dan Motivator Terkait Dengan Ajaran Agama Islam Berperan Penting Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa. Peran Guru PAI Sebagai Motivator Siswa Kelas XI Yang Dapat Dilihat Dari Guru PAI Sebagai Pemimpin Dalam Kelas Sebesar 89%. Kemudian Guru PAI Bisa Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Sebesar 83%. Lalu, Strategi Guru PAI Bisa Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI Sebesar 71%. Dalam Meningkatan Akhlak Siswa Kelas XI Yang Dapat Dilihat Dari Perbuatan Yang Berakhlakul Karimah Siswa Kelas XI Dapat Diterapkan Siswa Sebesar 80%. Kemudian Akhlak Salah Satu Ajaran Agama Islam Dapat Diterapkan Oleh Siswa Kelas XI Sebesar 63%. Lalu, Faktor Internal Dan Eksternal Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas XI Sebesar 89%.Selain Itu, Pergaulan Remaja Pada Saat Ini Sangat Membutuhkan Perhatian Dan Motivasi Khusus Dari Guru PAI Maupun Guru Lain Yang Berperan Sebagai Tenaga Pendidik. Orangtua Juga Berperan Penting Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Karena Faktor Lingkungan Juga Sangat Berperan Penting Dalam Peningkatan Akhlak Siswa. Peningkatan Akhlak Kelas XI Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan Hasilnya Cukup Memuaskan Karena Pada Tahun Ini Siswa Tidak Ada Lagi Membolos Di Jam Pelajaran Berlangsung, Dan Tidak Ada Yang Berpakaian Ketat Khususnya Para Siswi Nya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:27
Last Modified: 30 Jun 2022 03:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item View Item