Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi Kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi

Febriharyani, Mila dan Ali Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi Kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025305_MILA FEBRIHARYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025305_MILA FEBRIHARYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA materi bunyi kelas IV di SDN Pela Mampang 13 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Jenuh. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan sampel yang digunakan ialah kelas IV berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis (Pretest dan Postest). Pada uji validitas digunakan dengan analisis Bivariate Correlation Product Moment sebanyak 15 soal uraian dengan 13 soal valid dan 2 soal tidak valid. Pada uji reliabilitas menggunakan Cronbanch’s Alpha diperoleh nilai 0,843 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Berdasarkan nilai pretest rata-rata sebesar 61,38 dan nilai postest rata-rat sebesar 78,25. Analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk nilai signifikasi pada pretest sebesar 0,096 sedangkan untuk postest terdapat nilai signifikasi sebesar 0,68 dengan signifikan > 0,05 maka data berdisribusi normal. Uji Homogenitas Levene nilai signifikasi sebesar 0,237 dengan signifikan > 0,05 maka homogen. Untuk uji hipotesis menggunakan metode Paired Sample T-test diperoleh Thitung yaitu sebesar 16,436 dengan df 30 rtabel diperoleh 2,042. Maka Thitung = 16,436 > Ttabel = 2,042. Kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak maka terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi bunyi kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:28
Last Modified: 30 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item View Item