Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Hypnoteaching Mata Pelajaran IPA di Abad 21 Kelas IV SDN Cipedak 03 Jakarta Selatan

Anggraeni, Astriyani Nur dan Mayarni, Mayarni (2020) Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Hypnoteaching Mata Pelajaran IPA di Abad 21 Kelas IV SDN Cipedak 03 Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025301_ASTRIYANI NUR ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025301_ASTRIYANI NUR ANGGRAENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan hasil dari pemikiran individu, persepsi muncul ketika seseorang dihadapkan pada suatu objek. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil persepsi siswa dari penerapan model pembelajaran hypnoteaching pada mata pelajaran IPA materi bunyi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dilakukan di kelas IV A dengan jumlah 30 siswa SDN Cipedak 03. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yang berisi hasil dari angket yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian yang dilakukan adalah terlihat ada korelasi antara persepsi siswa dengan penerapan model pembelajaran hypnoteaching dengan uji analisis data didapat korelasi sebesar 0,372, yang kemudian dilanjutkan dengan uji t dengan didapatkan Thitung > Ttabel, yakni 2,119 > 2,048 ini berarti ada korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran hypnoteacing dengan persepsi siswa. Sedangkan dengan deksripsi data angket, terlihat garis besar siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran hypnoteaching di Abad 21 ini khususnya dimasa pandemi ini. Penerapan model pembelajaran hypnoteaching dalam mata pelajaran IPA kelas IV SDN Cipedak memperlihatkan adanya persepsi yang berbeda saat menggunakan model pembelajaran hypnoteaching dengan tanpa menggunakan model pembelajaran hypnoteaching.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:51
Last Modified: 30 Jun 2022 02:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item