Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara

Syafrudin, Lutfia dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA SYAFRUDIN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA SYAFRUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejagalan 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis Taggart, mulai dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif , soal evaluasi, catatan lapangan, lembar angket dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 65,31 dan ketuntasan siswa sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,92 dan ketuntasan siswa mencapai 83,33%. Apabila dipersentasikan, peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 7,05% dan ketuntasan siswa naik 3,03%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:04
Last Modified: 30 Jun 2022 02:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item