Peranan orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Dirumah Berbasis Digital Di Era Pandemi Covid-19 Kelas IV di SDN Manggarai 09 Pagi

Suswanto, Aurura Diang dan Giyanti, Sri (2020) Peranan orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Dirumah Berbasis Digital Di Era Pandemi Covid-19 Kelas IV di SDN Manggarai 09 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025275_AURURA DIANG SUSWANTO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025275_AURURA DIANG SUSWANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya peranan orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah berbasis digital di era pandemi Covid – 19. Selama Pandemi Covid – 19 mewabah di Indonesia, Pemerintah membuat kebijakan untuk merubah sistem pembelajaran di Indonesia dari pembelajaran luring (offline) menjadi pembelajaran daring (online) untuk sementara waktu, hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di area sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SD, orang tua siswa SD, guru SD yang melakukan pembelajaran online selama Covid-19. Metode pengumpulan Data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan persiapan kesediaan orang tua dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk pembelajaran anak di rumah berbasis digital sudah dilakukan para orang tua selalu menyediakaan sarana dan prasarana seperti hp/laptop, buku bacaan, pulsa/kuota internet. Walaupun setiap orang tua memiliki kendala yang harus di hadapi seperti penambahan biaya untuk pembelian kuota internet. Tahapan pelaksanaan peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah, sebagian orang tua selalu mendampingi anak – anak nya ketika proses pembelajaran berbasis digital sedang berlangsung, karena adanya Pandemi Covid-19 ini semua sistem pembelajaran diubah dan diganti menjadi pembelajaran online, dimana mau tidak mau semua orang tua harus berperan penting dan mendampingi anak – anak nya dalam kegiatan proses pembelajaran sedang berlangsung. Upaya orang tua dalam memperlancar proses pembelajaran anak di rumah berbasis digital, setiap orang tua selalu berupaya untuk memperlancar proses pembelajaran anak di rumah berbasis digital. Upaya yang dilakukan para orang tua biasanya dengan cara menyediakan sarana dan prasarana, hp/laptop, buku bacaan dan pulsa/kuota internet dan upaya lainnya bisa berupa mendampingi dan memberi support untuk anak – anak nya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 10:20
Last Modified: 29 Jun 2022 10:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15532

Actions (login required)

View Item View Item