Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar IPA Tema Panas Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V Sdn Makasar 09 Pagi Jakarta Timur

Zuliantini, Evelin dan Iba, Khairil (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar IPA Tema Panas Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V Sdn Makasar 09 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025272_EVELIN ZULIANTINI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025272_EVELIN ZULIANTINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA siswa. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat Pengaruh Prestasi Belajar IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol SDN Makasar 09 Pagi Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada subjek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas mengginakan lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen, pengujian normalitas didapat Lhitung= 0,137 dan kelas kontrol Lhitung = 0,145. Ltabel pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,157. Karena pada kedua kelompok Lhitung < Ltabel maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homkgenitas diperoleh Fhitung= 2,45 dengan Ftabel= 31,1 = 4,16. karena Fhitung<Ftabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung = 2,80 sedangkan Ttabel= 1,999 pada taraf signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 62. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 10:16
Last Modified: 29 Jun 2022 10:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item