Penerapan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN LOJI 2 Bogor

Indrawati, Nadilla Bissmika dan safrul, safrul (2020) Penerapan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN LOJI 2 Bogor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025271_NADILLA BISSMIKA INDRAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025271_NADILLA BISSMIKA INDRAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi Perubahan Energi dan Energi Alternatif dengan menggunakan metode Explicit Instruction mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN LOJI 2 Bogor. Penelitian ini dilakukan di SDN LOJI 2 Bogor. Di dalam penelitian ini terdapat subjek yaitu seluruh siswa kelas IV A yang terdiri dari 27 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes formatif, lembar observasi guru dan siswa, lembar aktifitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memahami Perubahan Energi dan Energi Alternatif menggunakan metode Explicit Instruction. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Dan disetiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil Penelitian siklus I siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 14 siswa, dengan persentase 51,85% , sedangkan pada siklus II siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 3 siswa, dengan persentase 40,74%. Dan pada siklus I siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 siswa, dengan persentase 48,14%, sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM 16 siswa, dengan persentase 59,25%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Explicit Instruction bermanfaat pada pembelajaran IPA, dari setiap siklus telah mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 74 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81 Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan metode Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Perubahan Energi dan Energi Alternatifdi kelas IV SDN LOJI 2 Bogor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 10:09
Last Modified: 29 Jun 2022 10:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item