Oktaviani, Indri Nur dan Rohman, Izza (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tugu 11 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025265_INDRI NUR OKTAVIANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment dengan jenis Posstest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung= 0,433 > 0,361 Rtabel. maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lo 0,131< Lt 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher diperoleh Fhitung 1,34 < Ftabel 1,95, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,68 dengan ttabel 2,0105 pada a = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences L Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 09:50 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 09:50 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15526 |
Actions (login required)
View Item |