Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tema 5 Pahlawanku Siswa Kelas IV SDIT Bina Insan Kamil Depok

Devayani, Afifah dan Qodariah, Lelly (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tema 5 Pahlawanku Siswa Kelas IV SDIT Bina Insan Kamil Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025258_AFIFAH DEVAYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025258_AFIFAH DEVAYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS Tema 5 Pahlawanku kelas IV SDIT Bina Insan Kamil Depok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar, yang biasanya guru memberikan materi dengan metode ceramah di gantikan dengan siswa menemukan sendiri dengan benda-benda disekitarnya. Skripsi ini bertujuan: yaitu, untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial tema 5 pahlawanku siswa kelas IV SDIT Bina Insan Kamil Depok. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Bina Insan Kamil Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVA SDIT Bina Insan Kamil Depok. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas IVA yang diambil dengan teknik Non-Probability sampling jenis sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan test hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalah yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah ada Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 5 Pahlawanku Siswa Kelas IV SDIT Bina Insan Kamil Depok. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata nilai Pre-test dengan nilai Post-Test. Dapat dilihat dari perhitungan uji-t diperoleh Thitung = 5,157 dan Ttabel = 2,093. Karena Thitung > Ttabel dengan dk 19 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil post-test lebih tinggi dari rata-rata hasil pre-test. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil Pre-test sebesar 61,25 dan rata-rata hasil Post-test sebesar 79. Perhitungan N-Gain hasil pretest dan posstest, maka didapatkan nilai N-Gain pada hasil 0,30 < N-Gain < 0,70 dan didapat pada kriteria sedang yaitu 0,45. Artinya dalam penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 09:35
Last Modified: 29 Jun 2022 09:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item