Implementasi Semboyan Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Fiqih Di Kelas X Madrasah Aliyah Annajah Pesanggrahan Jakarta Selatan

Anisa, Ana dan Bunyamin, Bunyamin (2017) Implementasi Semboyan Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Fiqih Di Kelas X Madrasah Aliyah Annajah Pesanggrahan Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015008 _ ANA ANISA.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015008 _ ANA ANISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ki Hajar Dewantara adalah salah seorang bapak pendidikan nasional Indonesia yang sangat terkenal sampai saat ini. Semboyannya menjadi populeritas di dunia pendidikan yang berbunyi: “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Artinya di depan memberi contoh bahwa seorang guru harus menjadi tauladan atau memiliki akhlak yang baik, di tengah membangkitkan kreativitas atau mampu berinovasi yaitu menciptakan sesuatu yang baru baik dalam proses KBM atau pada saat diluar KBM, di belakang memberikan pengawasan atau motivasi seorang guru juga harus mampu mendorong siswanya untuk selalu bersemangat dan pantang menyerah. Tiga semboyan ini menjadi dasar utama seorang guru dalam meningkatkan mutu dan kualitasnya dalam mendidik. Dalam proses penelitian ini penulis mengambil sampel satu sekolah yaitu pada Madrasah Aliyah Annajah Pesanggrahan Jakarta Selatan, pada proses penelitian ini melibatkan, guru, siswa, kepala sekolah dan tata usaha, Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriptif Observasi yaitu prosedur pemecahan masalah yang terjadi pada saat sekarang dengan cara menggambarkan atau melukiskan fakta-fakta yang ada dilapangan sebagaimana adanya. Adapun langkah-langkah penggunaan metode ini ialah pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Adapun teknik yang digunakan untuk mengangkat data dan informasi di lapangan diantaranya Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian penulis akan menganalisis dan memberikan kesimpulan atas data yang telah diperoleh sehingga menghasilkan jawaban yang ada dalam skripsi penulis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:06
Last Modified: 29 Jun 2022 08:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item