Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur

Azzhara, Nadya dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025255_NADYA AZZHARA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025255_NADYA AZZHARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen, dengan pengambilan data skor menggunakan desain Posttest Only. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian reliabilitas dengan K-R 20 didapat Rhitung > Rtabel (0,882 > 0,361), sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Dari hasil pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors untuk kelas eksperimen, diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.0787 < 0,173, dan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.1100 < 0,173. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal.. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 2,113 < 2,62. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen didapat sebesar 85,28 dan rata-rata nilai untuk kelas kontrol sebesar 75,76. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung= 4,407 pada taraf signifikan a=0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 48 seharga 2,018. Karena Thitung> Ttabel (4,407 > 2,018) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:00
Last Modified: 29 Jun 2022 08:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item