Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur

Safira, Putri Balqis dan Kusnadi, Engkus (2020) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025252_PUTRI BALQIS SAFIRA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025252_PUTRI BALQIS SAFIRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berangkat dari latar belakang perlu adanya pembaharuan dalam meningkatkan kreativitas guru ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dikarenakan lemahnya kualitas belajar siswa. Pada saat terjadinya kegiatan proses pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa terlihat rendah, baik dari proses dan produk belajarnya. Hal itu dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konvensional atau ceramah. Dengan teknik mengajar guru tersebut sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dalam proses belajar sehingga siswa tidak memiliki minat dan motivasi dalam belajar. Berdasarkan dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, peneliti berharap dengan adanya penelitian ini guru dapat memainkan perannya sebagai inovator pembelajarn. Guru mutlak mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar di Kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan kooperatif tipe STAD kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas untuk mendapatkan data dan analisisnya. Pengembangan program didasarkan data-data dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan PTK dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penilitian ini dilaksanakan bertempat di MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur dengan tahapan dua siklus. Pada siklus pertama, siswa belum biasa belajar dengan kondisi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:55
Last Modified: 29 Jun 2022 07:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item View Item