Praktik Ideologi Patriarki Pada Propaganda Poligami dalam Perspektif Feminisme Islam (Studi Kasus terhadap Dauroh Poligami Indonesia)

Khoirunnisa, Kania dan Nurjaman, Husnan dan Corliana, Tellys (2018) Praktik Ideologi Patriarki Pada Propaganda Poligami dalam Perspektif Feminisme Islam (Studi Kasus terhadap Dauroh Poligami Indonesia). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_KANIA KHOIRUNNISA_1406015152.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_KANIA KHOIRUNNISA_1406015152.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penafsiran dalil-dalil agama yang cenderung bias gender membuat sebagian kelompok melanggengkan praktik ideologi patriarki. Seperti yang dilakukan oleh Dauroh Poligami Indonesia (DPI) dalam mempropagandakan poligami secara masif sejak tahun 2016 sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar praktik ideologi patriarki dan membongkar propaganda poligami yang dilakukan oleh DPI. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. Paradigma kritis ini membongkar bagaimana kekuasaan yang dimiliki oleh laki-laki. serta diskriminasi dan marginalisasi yang dilakukan terhadap perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori feminisme khususnya teori Feminisme Islam dan Teori Integrasi Informasi. Hasil dari penelitian ini bahwa praktik ideologi patriarki yang dilakukan oleh DPI adalah melanggengkan poligami secara mutlak yang tentunya menunjukan dominasi laki-laki dan melakukan marginalisasi terhadap perempuan lewat pesan-pesan propaganda yang mereka publikasikan. Teknik propaganda yang dilakukan DPI menggunakan teknik name calling dan glittering generalities melalui seminar,facebook,website ,dan pesan siaran whatsapp.Propaganda poligami ini termasuk ke dalam jenis propaganda terbuka dan horizontal. Status propagandis yang dianggap kredibel dalam urusan poligami mempengaruhi pembentukan dan perubahan sikap . Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang fenomena praktik ideologi patriarki dalam masyarakat dan propaganda poligami. Selain itu pula, penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian di program studi ilmu komunikasi FISIP UHAMKA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:41
Last Modified: 29 Jun 2022 04:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item