Gambaran Aktivitas Fisik, Asupan Makan dan Kegemukan pada Insiden Penyakit Jantung Koroner pada Laki-laki dan Perempuan Usia 25-44 tahun di Bogor (Kohor PTM Balitbangkes)

Uyun, Lia Nur dan Rahayu, Leni Sri dan Marini, Ragil (2016) Gambaran Aktivitas Fisik, Asupan Makan dan Kegemukan pada Insiden Penyakit Jantung Koroner pada Laki-laki dan Perempuan Usia 25-44 tahun di Bogor (Kohor PTM Balitbangkes). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025038_LIA NUR UYUN.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025038_LIA NUR UYUN.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyebab nomor satu kematian akibat penyakit tidak menular, baik di Indonesia maupun di dunia. PJK memiliki beberapa faktor risiko, diantaranya adalah aktivitas fisik yang kurang, asupan makan yang tidak baik dan status gizi overweight atau obesitas. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa laki-laki lebih berisiko terkena PJK dibanding perempuan. Hal tersebut karena perempuan memiliki hormon estrogen pada usia sebelum 45 tahun yang membantu melindungi dari terjadinya PJK. Penelitian ini untuk menganalisis gambaran aktivitas fisik, asupan makan dan kegemukan pada insiden PJK pada laki-laki dan perempuan usia 25-44 tahun di Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kohor prospektif dengan menggunakan data studi kohor PTM Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Respoden sebanyak 1.587 orang pada penelitian ini ditemukan insiden PJK sebesar 1,19%, insiden PJK pada laki-laki sebesar 1,13% dan lebih banyak yang terkena PJK adalah perempuan (1,21%). Sebagian besar penderita PJK berumur 40-44 tahun, tamat SLTA, laki-laki bekerja sebagai wiraswasta/jasa/dagang dan perempuan sebagai pembantu rumah tangga, aktivitas fisik sedang, asupan protein laki-laki >15%, asupan lemak perempuan >30%, asupan natrium dan garam tidak tinggi dan status gizi normal. Sebanyak 57,9% penderita PJK memiliki ≥ 2 faktor risiko PJK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:38
Last Modified: 29 Jun 2022 04:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item