Konflik Antarbudaya dalam Perkawinan Antarsuku. (Studi Kasus pada Pasangan suku Jawa dengan Suku Sunda di Desa Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan).

Utami, Hesti Sri dan Mustika, Sri dan Corliana, Tellys (2018) Konflik Antarbudaya dalam Perkawinan Antarsuku. (Studi Kasus pada Pasangan suku Jawa dengan Suku Sunda di Desa Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_HESTI SRI UTAMI_1306015052.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_HESTI SRI UTAMI_1306015052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkawinan antarsuku adalah perkawinan dimana suami dan istri memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Dengan adanya perbedaan budaya di antara keduanya, maka seringkali terjadi hambatan komunikasi antarbudaya dan konflik. Di antaranya disebabkan perbedaan latar belakang budaya, yakni budaya Jawa dan budaya Sunda. Fokus penelitian ini adalah konflik antarbudaya yang terjadi dalam perkawinan antarsuku Jawa dengan suku Sunda, faktor-faktor hambatan komunikasi antarbudaya dan faktor-faktor penyebab konflik antarbudaya. Penelitian ini penulis menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori analisis kebudayaan implisit dan teori kesalahpahaman antarbudaya. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode yang digunakan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara mendalam dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya konflik antarbudaya dalam perkawinan antarsuku (studi kasus pada pasangan suku Jawa dengan suku Sunda di Desa Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan) dikarenakan adanya perbedaan bahasa, gaya berkomunikasi, dan konsep keluarga. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadi hambatan komunikasi antarbudaya yaitu perbedaan bahasa, kesalahpahaman nonverbal, prasangka dan stereotip serta faktor penyebab terjadinya konflik antarbudaya dalam perkawinan antarsuku Jawa dengan suku Sunda ini terjadi karena Perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan, perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:25
Last Modified: 29 Jun 2022 04:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item