Pengaruh Perhatian Kepada Tayangan RonggolaweTV Channel Terhadap Cara Pemeliharaan Burung Kontes Di Komunitas Ulujami BC

Akbar, Ghifari dan Basuki, Maryono dan Windaningsih, Windaningsih (2016) Pengaruh Perhatian Kepada Tayangan RonggolaweTV Channel Terhadap Cara Pemeliharaan Burung Kontes Di Komunitas Ulujami BC. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_GHIFARI AKBAR_1106015024.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_GHIFARI AKBAR_1106015024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

RonggolaweTV Channel yang bernaung di atas situs portal MediaRonggolawe.com. Mediaronggolawe.com merupakan situs online yang mengulas seputar berbagai macam jenis burung kicau, produk pakan & sangkar burung kicau, branding, penangkaran, profil, agenda lomba, juara lomba, dan tips-tips mengenai cara perawatan burung kicau. Dari media ronggolawe ini banyak masyarakat dan komunitas burung yang menerapkan tips maupun informasi yang diberikan oleh media tersebut. Salah satu komunitas yang mengikuti media tersebut adalah komunitas “Ulujami BC” (brid community). Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Behaviorisme. Asumsi teori ini menganalisa perubahan perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh perkembangan dipelajari dan sering berubah sesuai dengan pengalaman-pengalaman lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini tidak sekedar menggambarkan fenomena tapi telah mencoba menjelaskan mengapa fenomena itu terjadi dan apa pengaruhnya. Dengan kata lain penelitian ini menjelaskan hubungan antar dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tabel variabel X dengan nilai total skor 4.229, berarti perhatian responden pada kategori sedang dengan skor 41,46 – 58,75 62%. Tabel variabel Y berada pada kategori mean benar 61,9940 dan salah 37,9962, dengan nilai signifikan 0,240 Ho tidak diterima karena lebih dari 0,05, artinya Perhatian kepada Tayangan RonggolaweTV Channel di Youtube tidak berpengaruh terhadap Cara Pemeliharaan Burung Lovebird di kalangan Komunitas Ulujami BC dan dikuatkan dengan hasil wawancara bahwa mereka memelihara burung dengan cara mereka sendiri sesuai dengan lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:21
Last Modified: 29 Jun 2022 04:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item