Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDIT AT-TAQWA Narogong

Afifah, Husnul dan Alyani, Fitri (2020) Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDIT AT-TAQWA Narogong. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025237_HUSNUL AFIFAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025237_HUSNUL AFIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan motivasi belajar dan gender terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-ATQWA, (2) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA, (3) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 73 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik korelasi product moment dengan menggunakan variabel bebas motivasi belajar (X1,), Gender (X2) dan variabel terikat adalah pemecahan masalah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,631 sedangkan Rtabel dengan N=73, Para taraf signifikansi 5% dengan nilai rtabel 0,227, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,631 > 0,227). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,653 sedangkan Rtabel dengan N=40 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai Rtabel 0,312, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,653 > 0,312). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,615, sedangkan Rtabel dengan N =33 pada taraf signifikansi 5% dengan nila Rtabel 0,344. Jadi Rhitung lebih besar dai Rtabel (0,615 > 0,344). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Di SDIT AT-TAQWA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:08
Last Modified: 29 Jun 2022 03:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item