Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Energi Alternatif Kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur Secara Online.

Fatima, Alysa Risca dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Energi Alternatif Kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur Secara Online. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025234_ALYSA RISCA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025234_ALYSA RISCA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi alterrnatif kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest post-test control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang berjumlah 54 peserta didik. Sampel tersebut berasal dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov. Sedangkan pada uji homogenitas menggunakan uji Levene. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics Version 25. Pada uji hipotesis digunakan Paired Sample Test dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 25 diperoleh nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:18
Last Modified: 29 Jun 2022 02:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item