Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat

Aulia, Nur dan Meilana, Septi Fitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025228_NUR AULIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025228_NUR AULIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bintara VI Bekasi Barat. Pada kelas V semester genap tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Posttest-only Control Design. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan berupa test subjektif Essay. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan mendapatkan 9 butir soal valid dan 2 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncach, dari hasil perhitungan didapatkan nilai koefisien Rhitung 0,661 dan Rtabel 0,367. Hal ini menunjukkan bahwa Rhitung> rRtabel maka dapat dinyatakan bahwa instrumen penelitian tersebut reliabel. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Liliefors dan uji homogenitas yang digunakan yaitu uji Fisher. Hasil dari uji normalitas pada kelas eksperimen didapat Lhitung 0,080 < 0,173 Ltabel dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan n = 24 dan pada kelas kontrol didapap Lhitung 0,121 < 0,173 Ltabel dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan n = 24, maka menunjukkan Lhitung dari kedua kelas tersebut lebih kecil dari pada Ltabel l. Sehingga dapat disimpulkan kedua kelompok data tersebut berdistribusi normal. Hasil dari uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa Fhitung dari kedua kelas tersebut lebih kecil dibanding Ftabel pada taraf signifikan a = 0,05 yaitu 1,585 < 2,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa data mempunyai varians yang homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-T. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai Thitung = 3,117 dan diperoleh nilai Ttabel = 2,015 pada taraf signifikansi a = 0,05. Dapat dilihat nilai Thitung Ttabell ( 3,117 > 2,015) maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:25
Last Modified: 29 Jun 2022 01:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item View Item