Putri, Sendy Zahara dan Susilo, Susilo (2020) Rasch Model untuk Validasi Instrumen dalam Mengevaluasi Kegiatan Praktikum di SMA Swasta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1601125039_SENDY ZAHARA PUTRI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Metode praktikum menjadi bagian utama dari metode pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Faktanya, pembelajaran praktikum belum dapat dilaksanakan dengan baik terutama di sekolah Swasta. Riset ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas aktivitas praktik yang dilakukan guru berdasarkan persepsi siswa. Total 250 siswa SMA Swasta yang berpartisipasi dipilih dengan teknik convenience sampling untuk mengisi kuesioner. Terdapat 31 pernyataan dengan skala Likert yang dikembangkan dari empat indikator, yaitu kesesuaian materi dengan praktikum, pelaksanaan kegiatan praktikum, penggunaan teknologi dalam kegiatan praktikum, dan evaluasi kegiatan praktikum. Hasil tanggapan dari responden dianalisis melalui teknik Rasch, seperti validitas dan reliabilitas instrumen, karakteristik responden, tingkat kesulitan item, dan perbedaan persepsi responden dari data demografi. Hasil riset melaporkan bahwa pelaksanaan praktikum di SMA Swasta berjalan cukup baik. Terbukti dari keseriusan siswa saat praktikum dan terjadwalnya pelaksanaan praktikum. Dua indikator yang relatif lebih sulit disetujui oleh siswa adalah pemanfaatan teknologi dan evaluasi kegiatan praktikum. Temuan menunjukkan laki-laki lebih mudah melakukan manipulasi data eksperimen dibandingkan perempuan. Kesimpulannya, metode praktikum diharapkan menjadi metode pembelajaran yang efektif sehingga hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 09:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 09:59 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15446 |
Actions (login required)
View Item |