Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem Di SMAN 14 Bekasi

Pratiwi, Sela Ardelia dan Murwitaningsih, Susanti dan Susilo, Susilo (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem Di SMAN 14 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125088_SELA ARDELIA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125088_SELA ARDELIA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam Pendidikan maka untuk meningkatkan pemahaman konsep dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat agar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini quasi-exsperimental dan post-test only non- equevalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebanyak 64 siswa dijadikan responden dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (n=32) dan XI IPA 2 (n=32). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda pemahaman konsep digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan thitung(4,09)>ttabel(2,96). Dapat disimpulkan penggunaan strategi PQ4R memberikan pengaruh terhadap kemampuan konsep siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:15
Last Modified: 28 Jun 2022 08:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item View Item