Hubungan antara Karakteristik Ibu, Pengetahuan dan Sumber Informasi Ibu, Serta Dukungan Keluarga dan Petugas Kesehatan Terhadap Praktik ASI Eksklusif di Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug, Tangerang, Banten Tahun 2016

Humairoh, Fika Maulia dan Pritasari, Pritasari dan Dewanti, Lintang Purwara (2016) Hubungan antara Karakteristik Ibu, Pengetahuan dan Sumber Informasi Ibu, Serta Dukungan Keluarga dan Petugas Kesehatan Terhadap Praktik ASI Eksklusif di Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug, Tangerang, Banten Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025025_FIKA MAULIA HUMAIROH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025025_FIKA MAULIA HUMAIROH.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan tambahan lain pada bayi berumur 0-6 bulan. Bayi tidak diberikan apa-apa, kecuali makanan yang langsung diproduksi oleh ibu karena bayi memperoleh nutrisi terbaiknya melalui ASI. Meskipun khasiat ASI begitu besar, namun tidak banyak ibu yang mau atau bersedia memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan seperti yang disarankan (WHO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu, pengetahuan ibu, dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, dan sumber informasi dengan praktik ASI eksklusif pada ibu menyusui di wilayah Kelurahan Sudimara Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian cross sectional menggunakan teknik systematic random sampling yang dilakukan pada ibu menyusui dengan kriteria inklusi dan eksklusi di wilayah Kelurahan Sudimara sebanyak 65 responden. Hasil penelitian menunjukkan responden yang memberikan ASI esksklusif sebanyak 29,2%. Analisis data menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α=0.05) diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan antara umur ibu, pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dukungan petugas kesehatan dan sumber informasi dengan praktik pemberian ASI eksklusif. Didapat hasil yang berhubungan antara pengetahuan ibu (p-value = 0.037) dan dukungan keluarga ibu (p-value = 0.013) dengan praktik pemberian ASI ekskluisf. Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan agar menyediakan informasi ASI eksklusif bagi ibu hamil, ibu menyusui dan keluarga di lingkungan sekitar ibu baik berupa layanan konseling, media promosi kesehatan maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya. Bagi peneliti lain Jika akan memasukkan dukungan keluarga, hendaknya dipisahkan antara dukungan suami responden, dukungan ibu responden, dan dukungan mertua responden.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:44
Last Modified: 28 Jun 2022 06:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item