Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas X Materi Ekosistem

Muthi’ah, Intan dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas X Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125054_INTAN MUTHIAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125054_INTAN MUTHIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X di SMA Negeri 14 Bekasi pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 214 siswa terbagi dalam enam kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes tertulis yang terdiri atas 26 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Indikator kemampuan yang diukur meliputi enam jenis indikator yaitu keterampilan klasifikasi, observasi, prediksi, interpretasi, mengajukan pertanyaan dan komunikasi. Hasil menunjukkan rata-rata posttest keeterampilan proses sains siswa kelas eksperimen sebesar 76,13. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai 63,00. Indikator keterampilan proses sains yang paling berpengaruh di kelas eksperimen adalah indikator mengajukan pertanyaan dengan nilai rata-rata 81,11%, interpretasi 76,69%, prediksi 75,69%, observasi 75%, klasifikasi 73,61%, dan terendah pada indikator komunikasi 69,91%. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi a=1% diperoleh thitung 7,42>ttabel 2,38, yang berarti Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penggunaan model sains teknologi masyarakat (STM) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:20
Last Modified: 28 Jun 2022 06:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item