Syahidah, Fajrina dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Guided Inquiry Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125039_FAJRINA SYAHIDAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta pada bulan Maret s.d Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 175 siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil uji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 1% diperoleh thitung=8,12 dengan ttabel=2,66 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA kelas X MIPA SMA Negeri 98 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:25 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 06:21 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15376 |
Actions (login required)
View Item |