Pengembangan Media Pop up Book Berbasis Kontekstual Materi Perkembangbiakan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Anyelir 1 Depok

Fadillah, Muhammad Rijal dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Media Pop up Book Berbasis Kontekstual Materi Perkembangbiakan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025225_MUHAMMAD RIJAL FADILLAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025225_MUHAMMAD RIJAL FADILLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SDN Anyelir 1 Depok. Subjek uji coba diterapkan kepada 33 peserta didik kelas VI A di SD tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 82% yang termasuk kategori “sangat layak”. Karena siswa merasa tertarik untuk menggunakan media kontekstual pop up book. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi perkembangbiakan hewan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:17
Last Modified: 28 Jun 2022 04:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item