Kurnia, Dini dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Eksresi Di Kelas XI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125034_DINI KURNIA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sub materi apa saja yang dianggap sulit serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Tangerang pada bulan Maret – Juli. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Tangerang semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda sistem ekskresi, dan angket faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Nilai siswa setelah mengerjakan soal tes tergolong rendah yakni dengan nilai rata-rata sebesar 49 (Sd= 12). Sub materi sistem ekskresi yang memiliki tingkat kesulitan belajar tinggi yaitu sub materi zat ekskret organ ekskresi (76,71%), dan proses/ mekanisme pada sistem ekskresi (61,06%). Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor sarana dan prasarana (77%), sedangkan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor motivasi (80%). Dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran pada materi sistem ekskresi siswa mengalami kesulitan belajar pada sub materi zat ekskret organ ekskresi, dan proses/ mekanisme pada sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:12 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15370 |
Actions (login required)
View Item |