Penggunaan Tes Diagnostik Berbantuan CRI Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Materi Sistem Hormon Kelas XI Di SMA Negeri 13 Jakarta

Liani, Diah Oppy dan Akbar, Budhi dan Mayarni, Mayarni (2019) Penggunaan Tes Diagnostik Berbantuan CRI Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Materi Sistem Hormon Kelas XI Di SMA Negeri 13 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125030_DIAH OPPY LIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125030_DIAH OPPY LIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi miskonsepsi siswa pada materi sistem hormon dengan menggunakan tes diagnostik pilihan ganda reasoning terbuka berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta pada bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas XI IPA tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang dari dua kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 5. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa persentase siswa yang terdeteksi miskonsepsi pada keseluruhan konsep materi sistem hormon sebesar 42,00%, sedangkan siswa yang paham konsep dengan persentase sebesar 39,10%. Miskonsepsi siswa banyak terjadi pada indikator soal tentang menganalisis zat yang diperlukan untuk mengoptimalkan kerja hormon dengan persentase sebesar 59,38%. Penelusuran penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa didominasi oleh faktor yang berasal dari siswa khususnya dari kemampuan, prakonsepsi dan perkembangan kognitif, dari buku teks biologi yaitu tingkat kejelasan informasi buku teks biologi yang digunakan dan dari konteks yaitu penggunaan bahasa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:08
Last Modified: 28 Jun 2022 04:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15368

Actions (login required)

View Item View Item