Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot pada Materi Zat Tunggal dan Campuran

Djannah, Mahfira dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025221_MAHFIRA DJANNAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025221_MAHFIRA DJANNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi kahoot pada materi zat tunggal dan campuran dalam mata pelajaran IPA kelas V, serta mengetahui kelayakan produk ini sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mengacu pada lima tahapan, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan mengedarkan angket skala likert dengan skor 1-5. Uji validasi dilakukan oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi, uji kelayakan dilakukan oleh lima guru dan di uji produk oleh 149 peserta didik. Berdasarkan hasil yang terkumpul rata-rata presentase uji ahli media (90%) dengan kriteria “Sangat Valid”, ahli materi (87%) dengan kriteria “Sangat Valid”, uji kelayakan produk (92%) dengan kriteria “Sangat Baik”, dan uji produk (84%) dengan kriteria “Sangat Baik”. Demikian hasil data yang diperoleh menunjukan bahwa aplikasi kahoot layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA pada materi zat tunggal dan campuran kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:04
Last Modified: 28 Jun 2022 04:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item