Sofyan, Desya Aryani dan Susanti Murwitaningsih, Susanti dan Anugrah, Devi (2019) Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125026_DESYA ARYAN SOFYAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas X MIPA SMAN 5 Tambun Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sample yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Rbis sebanyak 35 soal pilihan ganda dengan 32 soal valid dan 3 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunkan rumus r11 memperoleh rhitung=0,9045. Maka data tersebut memilik instrumen yang reliabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,41, sedangkan siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,27. Uji hipotesis menggunakan uji t-test yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,47 dan ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 2,66. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIPA pada materi perubahan lingkungan dan ekosistem.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 03:51 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 03:51 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15363 |
Actions (login required)
View Item |