Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap keterampilan Proses Sains Siswa Materi Ekosistem

Mahpudzoh, Asriyatul dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap keterampilan Proses Sains Siswa Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125018_ASRIYATUL MAHPUDZOH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125018_ASRIYATUL MAHPUDZOH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang pada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang pada bulan April – Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperiment dengan desain penelitian Postest-Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains, berbentuk pilihan ganda dengan 30 butir soal untuk mengukur kemampuan keterampilan proses sains siswa. Dengan menggunakan 6 indikator keterampilan proses sains yaitu mengamati, klasifikasi, komunikasi, interpretasi, prediksi dan mengajukan
pertanyaan. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata indikator KPS observasi yaitu 88%, klasifikasi 76%, prediksi 82%, interpretasi 73%, mengkomunikasikan 72%, dan mengajukan pertanyaan 68%. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata indikator KPS observasi 54%, klasifikasi 72%, prediksi 60%, interpretasi 65%, mengkomunikasikan 61% dan mengajukan pertanyaan 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kemampuan keterampilan proses sains kelas eskperimen memperoleh nilai 74,69 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 64,44. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan a=1% diperoleh thitung=4,39>t(0,99)=2,38 yang berarti Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:34
Last Modified: 28 Jun 2022 03:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item