Perbedaan Model Problem Based Learning Dengan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur

Rachmandaning, Mifta dan Abdullah, Kusmajid (2020) Perbedaan Model Problem Based Learning Dengan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025205_MIFTA RACHMANDANING.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025205_MIFTA RACHMANDANING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji Validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal Valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabell yaitu 0,931 > 0,413, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen I Problem Based Learning Lo < Lt yaitu 0,071< 0,185, dan Kelas Eksperimen II PJBL LO < Lt yaitu 0,138 < 0,189, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,04 < 2,07 , maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data IVarians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung> Ttabel yaitu 2,666 >2,021. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan model Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV di SD Muhamamdiyah 3 Matraman Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:55
Last Modified: 27 Jun 2022 08:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item