Perbedaan Pengaruh Media Film dan Booklet tentang Penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu pada Anak Gizi Lebih di SDN Ciputat 4, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten Tahun 2015.

Sari, Vani Tri Kurnia dan Rahayu, Leni Sri dan Sofyaningsih, Mira (2015) Perbedaan Pengaruh Media Film dan Booklet tentang Penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu pada Anak Gizi Lebih di SDN Ciputat 4, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten Tahun 2015. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1105025058_VANI TRI KURNIA SARI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1105025058_VANI TRI KURNIA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usia sekolah merupakan salah satu kelompok umur yang berisiko terjadinya gizi lebih. Menurut data RISKESDAS secara nasional masalah kegemukan pada anak umur 5 – 12 tahun masih tinggi yaitu 18,8%, terdiri dari gemuk 10,8 % dan sangat gemuk (obesitas) 8,0%. Provinsi Banten termasuk dalam 15 povinsi yang memiliki prevalensi gemuk dan sangat gemuk diatas data nasional yaitu gemuk 11,9%, dan sangat gemuk 8,4% (Balitbangkes, 2013).
Penyuluhan gizi adalah faktor yang berperan dalam peningkatan pengetahuan gizi ibu yang berpengaruh pada proses pertumbuhan yaitu perubahan status gizi. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pada umumnya terutama keluarga khususnya ibu dapat dilakukan melalui program Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). Dalam program KIE berbagai media yang tersedia dimasyarakat dapat digunakan secara optimal, Booklet adalah suatu media untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan dalam bentuk buku, baik berupa tulisan
maupun gambar (Suhardjo, 2003). Selain itu media film, media ini dapat dilakukan sebagai upaya merangsang masyarakat terutama keluarga (yaitu ibu) agar mampu menjadi inovator di lingkungan rumah tangganya sendiri (Luice, 2005).
Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan perubahan pengetahuan dan sikap ibu setelah diberikan penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dengan menggunakan media film dan booklet.
Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu siswa-siswi kelas 2 sampai kelas 6 yang memiliki anak gizi lebih dengan jumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua hasil populasi dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing kelompok sebanyak 25 sampel.
Hasil analisis univariat menunjukan bahwa rata-rata usia responden pada penyuluhan media booklet 38.76 tahun (27-45 tahun), sedangkan pada penyuluhan media film 38.96 tahun (27-54 tahun), tingkat pendidikan kedua kelompok sebagian besar SMA, kedua kelompok sebagian besar tidak bekerja, pengetahuan dan sikap sebelum diberikan penyuluhan tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata pengetahuan dan sikap responden sebelum diberikan penyuluhan mengenai pedoman gizi seimbang dengan media film dan booklet (p>0.05).
Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan setelah diberikan penyuluhan mengenai pedoman gizi seimbang dengan medua film dan booklet, dan tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata pengetahuan dan sikap responden setelah diberikan penyuluhan mengenai pedoman gizi seimbang dengan media film dan booklet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:59
Last Modified: 27 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item