Pengaruh Model Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan

Aisyah, Siti dan Mil, Silvie (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN ANAK USIA DINI_1601035029_SITI AISYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN ANAK USIA DINI_1601035029_SITI AISYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif. Dengan populasi seluruh pesertadidik di Sekolah Aluna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dengan jumlah responden sebanyak 30 peserta didik. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendapat para ahli (expert judgment) kepada salah satu dosen PG PAUD FKIP UHAMKA dan uji konstruk, yaitu dengan menguji cobakan kuesioner penelitian disekolah sekolah Alfabet Montessori Pre School. Sedangkan uji reabilitas menggunakan cornbac’h alpa dengan nilai rebilitas 0.957 > 0,6 maka kuesioner dapat dikatakan reliabel. Sebagai syarat melakukan hipotesis maka dilakukan pengujian ansumsi klasik dengan hasil data berdistribusi normal, homogen, dan linier. Hipotesis yang digunakan yaitu regresi liner sederhana Hasil analisis data diperoleh dari regresi linier sederhana memiliki nilai fhitung sebesar 12.785 dengan memiliki tingkat singnifikasi sebesar 0,01 < 0,05, maka terdapat pengaruh anatara variabel bebas yaitu model pembelajaran Montessori terhadap variabel terikat yaitu kemandirian anak. Dari hasil koefisien determinan menunjukan bahwa nilai kolerasi sebesar 0,560 dan R sequare sebesar 0,313 atau 31,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan sebesar 31,3%

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:30
Last Modified: 27 Jun 2022 06:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item