Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kota Bekasi Dalam Upaya Menangani Isu Negatif Kota Bekasi di Media Sosial

Farezy, Muhammad Kemal dan Ramadhan, Said dan Putra, Gilang Kumari (2016) Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kota Bekasi Dalam Upaya Menangani Isu Negatif Kota Bekasi di Media Sosial. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1206015057_Muhammad Kemal Farezy.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_1206015057_Muhammad Kemal Farezy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini Humas atau Hubungan Masyarakat dalam sebuah organisasi berperan sangat besar, hampir tidak ada satupun organisasi, perusahaan dan institusi pemerintahan sekalipun yang tidak memiliki bagian Humas di dalam struktur organisasinya. Dalam penelitian ini, Humas Pemerintah Kota Bekasi melakukan strategi dalam mengelola hubungan baik dengan media. Lewat media relations Humas berupaya menangani isu Kota Bekasi di sosial melalui beberapa teknis media relations. Penelitian ini menjelaskan strategi apa yang Humas Pemerintah Kota Bekasi lakukan dalam membina hubungan baik dengan media dan menangani isu negatif di sosial. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teori infrormasi organisasi (grand theory) dan konsep Media Relations yang menjadi landasan pemikiran penelitian ini. Keterikatan teori informasi organisasi dengan penelitian ini adalah bagaimana Humas Pemerintah Kota Bekasi memproses ketidakjelasan informasi yang masuk ke Humas baik yang melalui eksternal maupun internal organisasi. Hasil penelitian menunjukan Humas Pemkot Bekasi telah melakukan kegiatan media relations, tidak hanya menggunakan media konvensional dalam kegiatan penyampaian pesan namun juga menggunakan media baru yaitu media sosial untuk mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kuantitatif meneliti respon warga Bekasi terhadap program kerja Humas agar memperoleh data jauh lebih terukur. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan penelitian selanjutnya dalam kajian teori humas seperti teori informasi organisasi dan konsep media relations.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:13
Last Modified: 27 Jun 2022 04:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item